Info Madrasah
Jumat, 26 Apr 2024
  • PPDB Tahun Pelajaran 2024-2025 telah dibuka, daftar segera
  • PPDB Tahun Pelajaran 2024-2025 telah dibuka, daftar segera
20 Desember 2022

Proyek Penguatan Lifeskill dan Kemandirian Siswa

Sel, 20 Desember 2022 Dibaca 518x Kesiswaan

Di era Society 5.0 ini manusia tak hanya dituntut untuk memiliki pengetahuan konseptual saja, namun juga mengimplementasikan ilmu yang didapatkan ke dalam kehidupan sehari-hari..

Karena itulah Siswa di era ini mesti memiliki kemampuan Problem Solving, minimal mengatasi masalahnya sendiri tanpa tergantung kepada orang lain.

Selain itu kemampuan kecakapan hidup / lifeskill akan banyak membantu dalam beradaptasi, bersikap disiplin dan mandiri, serta mengetahui manfaat dan atau menyadari suatu yang berbahaya.

Namun terkadang ada sebagian orang tua kurang begitu memperhatikan kecakapan ini sehingga membiarkan putra-putri mereka ‘terlambat’ menguasainya, dan bahkan sampai terjadi hal yang tidak diinginkan, semisal ada anak yang terbakar karena tidak tahu fungsi dan cara menggunakan korek api, anak yang tertabrak motor karena hanya dilarang dan dilarang tanpa pernah diajari cara menyeberang dengan benar.

Di sisi lain sebagian besar anak kurang bersemangat jika yang mengajari adalah orang tuanya sendiri, berbeda cerita jika ditugaskan oleh gurunya di sekolah mereka tentu akan lebih bergairah dan berkompetisi dengan teman-temannya.

Program Penguatan Lifeskill, sebagai salah satu Program Unggulan MIA02, berupaya menjawab tantangan tersebut, bersinergi dengan orang tua, Madrasah menentukan Standar Minimal Kompetensi Lifeskill yang harus dikuasai siswa sesuai tingkatan fase kelasnya.
Orang tua sebagai pengawas dan pendamping mencatat dan melaporkan kinerja putra-putrinya saat berusaha menguasai sebuah lifeskill.
Dan bahkan pada lifeskill tertentu yang berpotensi bahaya semisal menyalakan kompor, melepaskan stop kontak dll. orang tua mesti mengajarkan caranya terlebih dahulu dan tidak membiarkan anaknya melakukan sendiri tanpa pengawasan.

Ke depan akan diformulasikan Rapor lifeskill ini sebagai tanda bahwa Madrasah dan orang tua senantiasa berkomitmen dan bersinergi untuk membangun jiwa dan raga para siswa.

Berikut lembar kontrol lifeskill dan kemandirian siswa:

Keterangan:

  1. Kolom Tanggal diisikan tanggal saat lifeskill telah dikuasai dan diskor
  2. Fase A untuk Kelas 1 dan 2, Fase B untuk kelas 3 dan 4, Fase C untuk kelas 5 dan 6
  3. Target siswa Fase A menguasai lifeskill di Fase A, Siswa Fase B menguasai lifeskill Fase A dan Fase B, dan Siswa Fase C menguasai seluruh lifeskill mulai Fase A – C.
  4. Orang tua mengisi skor dengan angka 1-4, angka 1 artinya kurang, 2 cukup, 3 baik, dan 4 sangat baik. Pada lifeskill “membiasakan” yang butuh proses, skor boleh diubah sesuai prosesnya.
  5. Pada dasarnya pengisian skor diharapkan sesuai realita, namun orang tua dipersilahkan mengisikan skor 4 pada semua lifeskill jika memang ananda telah menguasainya dengan baik.
  6. Orang tua diharapkan mendampingi dan mengawasi terutama lifeskill yang berpotensi bahaya.
  7. Pada libur semester ganjil ini diharapkan seluruh siswa minimal menguasai 50% dari target pada poin ke-3.
  8. Tujuan proyek ini bukan untuk menambah beban PR saat liburan, namun justru untuk menyadarkan dan memotivasi siswa pentingnya menguasai lifeskill dasar tersebut.
Artikel ini memiliki

3 Komentar

Dengan kegiatan P5 akan terbentuk karakter serta lifeskill yang matang pada peserta didik. Mudah-mudahan MI Almaarif 02 semakin jaya…!

Sebagai orang tua saya 1000% setuju dengan program ini, karena memang anak saya suka males kalo yg nyuruh orang tuanya. Sama sekali tak pernah terpikirkan bahwa kecakapan sehari-hari ini memang perlu diajarkan orang tua.

Saya doakan semua guru MI 02 selalu sehat agar terus bisa men bimbing dan mendidik serta tak berhenti berinovasi.
Semoga MI 02 semakin maju dengan program-programnya. Amin

Tinggalkan Komentar

 

Info

MI ALMAARIF 02 SINGOSARI

NPSN : 60715204 ~ NSM : 111235070219
Jl. Masjid no 33 Pagentan Singosari Malang
TELEPON 0341-451542
EMAIL mia02sgs@gmail.com
WHATSAPP +62-82211911152