Info Madrasah
Kamis, 30 Mei 2024
  • PPDB Tahun Pelajaran 2024-2025 telah dibuka, daftar segera
  • PPDB Tahun Pelajaran 2024-2025 telah dibuka, daftar segera
18 November 2023

Sabtu Ceria, Outbond Guru dan Proyek Mandiri Siswa bertema Peduli Lingkungan

Sab, 18 November 2023 Dibaca 532x Berita / Berita Viral / Pendidikan

Poncokusumo, 18 November 2023 – Dalam rangka perpisahan Pengawas Madrasah, Ibu Dra. Hj. Sri Minarni, dan untuk menyegarkan suasana menguatkan potensi kreativitas para guru, K3MI Kecamatan Singosari menggelar outbond guru bersama guru se-kecamatan Singosari pada hari Sabtu, 18 November 2023.

Kegiatan outbond ini digelar di Bumi Perkemahan Ledok Ombo, Poncokusumo dan diikuti oleh sekitar 150 guru se-kecamatan Singosari. Kegiatan ini dimulai pukul 07.30 WIB dan berakhir pukul 14.00 WIB.

Outbond dikemas dengan berbagai macam fun games yang dipandu oleh Creative Malang Community mengasah kolaborasi dan kekompakan tim, serta daya kreativitas guru yang akan diuji.

Para peserta terlihat sangat antusias mengikuti outbond. Mereka saling bekerja sama untuk menyelesaikan tugas-tugas yang diberikan. Suasana yang penuh kegembiraan dan kebersamaan sangat terasa di lokasi outbond.

Outbond ini dinilai sangat bermanfaat bagi para guru. Karena menjadi sarana untuk meningkatkan kolaborasi dan kekompakan tim, serta daya kreativitas para guru. Selain itu, kegiatan ini juga berhasil menumbuhkan rasa kekeluargaan serta mendorong terjalinnya kolaborasi dan kekompakan yang erat antara para guru MI di kecamatan Singosari.

Kepala MI Almaarif 02 Singosari, Bapak Muhammad Ishom, S.Pd., mengatakan bahwa kegiatan outbond ini merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan kualitas pendidikan di MI Almaarif 02 Singosari.

“Kegiatan Lokakarya/Outbond ini merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan kualitas pendidikan di MI Almaarif 02 Singosari. Melalui kegiatan ini, diharapkan para guru dapat bekerja sama dengan lebih baik, lebih kreatif, dan lebih kompak dalam melaksanakan tugasnya,” ujar Pak Ishom.

Pak Ishom juga berharap agar kegiatan semacam ini dapat terus dilaksanakan secara rutin. Dengan demikian, diharapkan dapat semakin meningkatkan kreativitas para guru sehingga kualitas pendidikan di MI Almaarif 02 Singosari semakin meningkat.


Siswa MI Almaarif 02 Singosari Giat Gali Kreativitas dan Kepedulian Lingkungan
Melalui Proyek Mandiri

Sementara para guru MI Almaarif 02 Singosari tengah ‘on fire’ mengikuti kegiatan Outbond Guru se-kecamatan Singosari pada Sabtu, 18 November 2023, para siswa MI Almaarif 02 Singosari tidak kalah semangatnya mengerjakan Proyek Mandiri mereka yang diadakan di rumah masing-masing didampingi orang tua. Proyek ini bertema Peduli lingkungan hidup dengan mengusung tagline “Even the smallest one can do big things for the Earth

Ada enam pilihan proyek yang dapat dipilih oleh siswa, yaitu:

  • Membuat kebun kecil di rumah
  • Membuat kreasi dari barang bekas
  • Melakukan pemilahan sampah
  • Hemat air dan listrik
  • Berpartisipasi dalam kegiatan lingkungan
  • Ide lainnya

Tujuan dari proyek ini adalah:

  • Mengembangkan kreativitas, keterampilan, dan pengetahuan siswa
  • Menerapkan perilaku ramah lingkungan dalam kehidupan sehari-hari
  • Menemukan solusi atas permasalahan sehari-hari berkaitan dengan lingkungan
  • Meningkatkan komunikasi dan kolaborasi antara siswa dan orang tua

Antusiasme siswa dan orang tua sangat tinggi. Meskipun tidak bersekolah, siswa senang karena mendapatkan kesempatan didampingi orang tua dalam mengerjakan proyek. Terbukti, mayoritas siswa memilih bintang lima pada form online bahwa mereka puas mengerjakan proyek kreatif bersama orang tua.

Salah satu siswa, bernama Ava, mengerjakan proyek dengan membuat kebun kecil di rumah. Menanam berbagai tanaman, seperti sayuran, buah-buahan, dan bunga. Seperti siswa lainnya, Ava senang bisa belajar menanam tanaman bersama orang tuanya.

Siswa lainnya, seperti Hanif, Khaylila, dan Chalya mengerjakan proyek dengan membuat kreasi dari barang bekas. Bima membuat wadah pensil dari botol plastik bekas. Khaylila membuat tempat buku/majalah dari kardus bekas dan Chalya membuat kerajinan dari botol yoghurt, mereka senang bisa memanfaatkan barang-barang bekas menjadi barang yang bermanfaat.

Gallery Proyek secara lengkap dapat diakses secara online pada link: https://airtable.com/appmxRZfLhRKZHtk3/shroTOOONJvlz1L0z/tblo2n36ZifJSFT2b

Kepala MI Almaarif 02 Singosari, Bapak Muhammad Ishom, S.Pd., mengatakan bahwa proyek mandiri ini merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan kesadaran siswa tentang pentingnya menjaga lingkungan.

“Proyek mandiri ini merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan kesadaran siswa tentang pentingnya menjaga lingkungan. Melalui proyek ini, diharapkan siswa dapat menerapkan perilaku ramah lingkungan dalam kehidupan sehari-hari,” ujar Pak Ishom.

Beliau juga berharap agar proyek semacam ini dapat terus dilaksanakan secara rutin. Dengan demikian, diharapkan dapat semakin meningkatkan kesadaran siswa tentang pentingnya menjaga lingkungan

Artikel ini memiliki

0 Komentar

Tinggalkan Komentar

 

Info

MI ALMAARIF 02 SINGOSARI

NPSN : 60715204 ~ NSM : 111235070219
Jl. Masjid no 33 Pagentan Singosari Malang
TELEPON 0341-451542
EMAIL mia02sgs@gmail.com
WHATSAPP +62-82211911152