A. Visi
” Terbentuknya generasi muslim yang berprestasi, berakhlaqul karimah, kreatif, mandiri, cinta tanah air dan bangsa dengan berpegang teguh pada ajaran Ahlussunnah Wal Jamaah An-Nahdliyyah”
Penjabaran Visi Madrasah:
- Berprestasi: Indikatornya.
- Prestasi non akademik tingkat Kabupaten/Provinsi/Nasional
- Prestasi akademik tingkat Kabupaten/Provinsi/Nasional
- Keberhasilan menemukan kemampuan diri, mengembangkan talenta dan kecakapan hidup yang bermanfaat
- Berakhlaqul karimah: Indikatornya.
- Berperilaku dan bertutur kata secara santun dalam kehidupan sehari-hari sesuai ajaran Islam.
- Membiasakan segala sikap yang baik dan sesegera mungkin meninggalkan kebiasaan-kebiasaan yang tidak baik.
- Berperilaku hidup bersih,disiplin , jujur ,taat aturan /tata tertib yang ada di Madrasah ataupun di Masyarakat
- Kreatif: Indikatornya
- Kemampuan seluruh warga Madrasah dalam memaknai keadaan yang dinamis dan selalu berubah dengan kemampuan berkreasi, berdaya cipta, tidak berjiwa peniru (plagiasi), dan juga kreatif dalam memecahkan berbagai persoalan (problem solving).
- Dengan berbagai tantangan dan hambatan menjadi sebuah celah dalam mengembangkan diri untuk menemukan solusi yang tepat, bermanfaat dan sesuai dengan keadaan masa kini dan mempersiapkan masa depan
- Mandiri: Indikatornya
- Berupaya tidak bergantung pada pihak lain selagi dapat menuntaskannya sendiri, demi melatih jiwa yang berkemandirian.
- Cinta tanah air dan bangsa: Indikatornya.
- Mengimplementasikan Profil Pelajar Pancasila dan Profil Pelajar Rohmatan Lil’aalamin dalam aktualisasi kehidupan.
- Membentuk generasi yang memiliki motivasi untuk selalu belajar dan mengembangkan diri.
- Mengembangkan kearifan budaya lokal dengan kegiatan-kegiatan sosial kemasyarakatan.
- Berpegang teguh pada ajaran Ahlussunnah Wal Jamaah An-Nahdliyyah: Indikatornya
- Melestarikan khazanah intelektual klasik muslim salah satunya dengan Program Internalisasi Kitab Kuning.
- Menjalankan ajaran Islam dengan baik sesuai ajaran Ahlussunnah Wal jamaah An-Nahdliyyah dengan mengedepankan Prinsip Almuhaafadzah Ala al-qadiim As-Shaalih Wal akhdzu bil jadiid Al-Ashlah.
- Melestarikan amaliah-amaliah Nahdlatul Ulama dalam kegiatan-kegiatan rutin dan peringatan Hari Besar Islam
B. Misi
Dalam upaya mengimplementasikan visi sekolah, MI Almaarif 02 Singosari menjabarkan misi Madrasah sebagai berikut:
- Merancang pembelajaran yang menarik dan menyenangkan yang mampu memotivasi peserta didik untuk selalu belajar dan menemukan esensi dari pembelajaran.
- Membangun lingkungan sekolah yang membentuk peserta didik memiliki akhlak mulia melalui rutinitas kegiatan keagamaan dan menerapkan ajaran agama melaui cara berinteraksi di sekolah.
- Membangun lingkungan sekolah yang bertoleransi dalam kebhinekaan global, mencintai budaya lokal dan menjunjung tinggi nilai gotong royong.
- Mengembangkan kemandirian, nalar kritis dan kreativitas yang memfasilitasi keragaman minat dan bakat peserta didik.
- Mengembangkan program Madrasah yang membentuk ide dan gagasan cepat tanggap terhadap perubahan yang terjadi untuk merancang inovasi.
- Mengembangkan dan memfasilitasi peningkatan prestasi peserta didik sesuai minat dan bakatnya melalui proses pendampingan dan kerja sama dengan orang tua.
- Mencetak lulusan yang terampil melaksanakan sholat 5 waktu dan dapat membaca Al-Qur’an dengan tartil serta beraklakul karimah yang peduli lingkungan dengan terbiasa memelihara kelestarian lingkungan, mencegah terjadinya kerusakan lingkungan dan mencegah terjadinya pencemaran lingkungan.
- Mewujudkan tersedianya Sarana dan Prasarana madrasah yang berkualitas, sehat, dan Ramah anak dan Lingkungan.
C. Tujuan
Tujuan yang diharapkan oleh MI Almaarif 02 Singosari dalam implementasi kurikulum sebagai bentuk dan cara mewujudkan visi misi Madrasah yang telah ditetapkan adalah sebagai berikut:
- Tujuan Jangka Pendek (1 Tahun ke depan)
- Mengoptimalkan sarana prasana sekolah untuk menunjang rancangan pembelajaran yang memotivasi keinginan selalu belajar.
- Menyediakan sistem informasi terpusat secara digital
- Menyelenggarakan sistem penilaian dengan sistem digitalisasi
- Membentuk peserta didik yang taat dan tepat waktu melaksanakan ibadah.
- Meningkatkan simpati dan empati peserta didik dalam kepedulian sosial.
- Membentuk Perilaku Peduli dan Berbudaya Lingkungan (memelihara kelestarian lingkungan, mencegah terjadinya kerusakan lingkungan dan mencegah terjadinya pencemaran lingkungan
- Merancang program Madrasah untuk mengenalkan implementasi kebhinekaan global di masyarakat.
- Merancang pembelajaran yang bangga akan potensi daerah.
- Menerapkan pondasi gotong royong dalam kegiatan kelas hingga Madrasah.
- Melaksanakan program dan pembelajaran HOTs untuk memperkuat bernalar kritis dan kreativitas.
- Melaksanakan pembelajaran untuk mengasah kemampuan literasi dan numerasi.
- Mempertahankan dan meningkatkan prestasi yang sudah tercapai sebelumnya.
- Tujuan Jangka Menengah (2-3 tahun ke depan)
- Merancang pembelajaran yang sesuai dengan tingkat perbedaan kemampuan kognitif peserta didik mengarahkan pada keterampilan dan kecakapan hidup sesuai bakat dan minatnya.
- Madrasah mampu melaksanakan penilaian secara akuntabel dan valid dengan sistem digitalisasi.
- Meningkatkan kemampuan peserta didik dalam menghafal surat-surat pendek/Juz 30.
- Membudayakan gerakan kebersihan sebagian daripada iman.
- Meningkatkan kecintaan dan kebanggan terhadap potensi daerah.
- Melakukan kerjasama dengan stakeholder daerah, perusahaan untuk merancang program pembelajaran berbasis budaya lokal.
- Memotivasi peserta didik untuk menggagas inovasi sederhana untuk memberikan solusi dalam kehidupannya.
- Menyelenggarakan kegiatan ekstrakurikuler yang optimal dalam mengembangkan prestasi sesuai bakat dan minta dan potensi peserta didik.
- Tujuan Jangka Panjang (4 tahun ke depan)
- Merancang pembelajaran dengan model pembelajaran yang menjadi ciri khas Madrasah.
- Menghasilkan lulusan yang memiliki mental pembelajar sejati.
- Membentuk peserta didik yang berakhlakul karimah dan selalu peduli sosial dalam toleransi beragama.
- Menyusun pembelajaran dengan bahan ajar mandiri untuk meningkatkan kecintaan pada budaya lokal.
- Menjalin kerjasama dengan pihak luar (sanggar, perguruan tinggi, dan dunia usaha dan industri) untuk melengkapi program sekolah yang memfasilitasi berbagai keragaman potensi, minat dan bakat peserta didik.
- Membudayakan lingkungan belajar dan karakter inovatif cepat tanggap di lingkungan sekolah.
- Membangun budaya dan kultur sekolah yang kompetitif yang positif.
- Menyediakan fasilitas untuk mengembangkan kreativitas, inovasi dan minat bakat peserta didik.